Heboh Kandang Ayam Petelur di Cimanggu Cilacap Diprotes Warga

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Kandang ayam petelur di Cimanggu Cilacap diprotes warga lantaran dibangun ditengah pemukiman dan menyebabkan banyak lalat hinggap di rumah mereka. Menurut data, jumlah ayam petelur yang ada dalam kandang itu ada sekitar 11.500 ekor ayam petelur.

Lokasi peternakan yang membuat resah hingga diprotes itu berada di Dusun Cilingga, Desa Nambo, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Bahkan sekelompok warga dari desa setempat melaporkan hal itu kepada DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dan menyerahkan surat yang telah diberi materai 6000.

Beberapa warga setempat Bahkan mengungkapkan kekesalannya dengan berdirinya kandang ayam petelur di tengah pemukiman mereka. Hingga ada yang membagikannya ke linimasa media sosial.

Salah satu akun di media sosial yang merupakan warga sekitar misalnya, karena banyaknya lalat, lantas ia menangkap lalat itu memakai lem lalat dan diunggah.

Surat atau berita acara itu telah ditandangani oleh RT dan RW setempat tertanggal 11 April 2020 kemarin. Diketahui, pada 17 Desember 2018, hal serupa juga terjadi di Cimanggu, dimana masyarakat resah karena adanya kandang ayam. Kini hal serupa juga kembali diresahkan oleh warga di Cimanggu, Bahkan tak hanya itu, keresahaan ini mereka unggah di linimasa.

“Sejak awal warga masyarakat Desa Cilingga, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap sudah menolak keberadaan peternakan ayam petelur di Desa Cilingga. Warga dan pemilik peternakan sepakat untuk menutup dan tidak digunakan lagi peternakan tersebut dengan batas waktu dari 17 Desember 2018 s/d 17 Mei 2019. Namun sampai sekarang peternakan itu masih beroperasi serta pemilik tidak mentaati kesepakatan yang telah dibuat.” Kata pemilik akun mawarmelati di instagram miliknya.

Berdasarkan laporannya itu, warga menyatakan keberatan atas kandang ayam petelur yang berdiri ditengah pemukiman warga. Dalam surat itu juga diterangkan bahwa akibatnya berdampak pada pencemaran udara dan juga menganggu kesehatan serta bau yang ditimbulkan.

Komentar