Ternyata Minyak Kayu Putih Bisa Bikin Irit Bensin

by
Indonesia

JURNAL ONLINE – Belakangan ini tengah trend mencampurkan bensin / BBM pada kendaraan dengan zat aditif guna memperirit bahan bakar dan membuat performa motor jadi lumayan.

Performa lumayan yang dimaksud ini adalah torsi dan daya yang jadi lebih baik, daripada hanya menggunakan bensin tanpa campuran zat aditif pada kendaraan.

Adapun untuk menghasilkan kendaraan yang irit bahan bakar, maka diperlukan zat aditif untuk dicampurkan pada bensin, dalam hal ini yakni dapat menggunakan Minyak Kayu Putih.

Masih tidak percaya dengan hal tersebut, simak penjelasannya terlebih dahulu siapa tahu setelah ini Anda juga tertarik.

Dikutip Cilacap.info dari laman library.unisma.ac.id, bahwa dalam laman resmi milik Universitas Islam Malang ini terdapat arsip Karya Ilmiah dan penelitian mahasiswanya terkait penggunaan Minyak Kayu Putih untuk memperirit bahan bakar.

Karya Ilmiah itu berjudul “Pengaruh campuran minyak kayu putih pada petralite terhadap kinerja motor bensin honda supra X 125 R”

Berdasarkan pernyataan mahasiswa UNISMA tersebut, bahwa Bahan bakar adalah material, zat, atau benda yang digunakan dalam proses pembakaran untuk menghasilkan energi panas.

Oktober hingga November 2013, terjadi lonjakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dimana konsumsi bahan bakar dipatok 40 juta kiloliter dan setelah dilakukan perhitungan akan kebutuhan konsumsi mencapai 47,8 kiloliter atau terjadi lonjakan.

Untuk itu perlu diadakan penghematan bahan bakar melalui inovasi-inovasi pengembangan bahan bakar.

Alternatif untuk meningkatkan efisiensi pembakaran bahan bakar dan mengurangi pencemaran adalah memformulasi bahan bakar dengan zat aditif yang berfungsi untuk memperkaya kandungan oksigen dalam bahan bakar.

Minyak kayu putih dapat dijadikan bioaditif karena memiliki sifat yang larut dalam bahan bakar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah experimental nyata dengan model analisis varian.

Komentar