Inspirasi Berkarya

Dibantu KKN UMY, UMKM di Cilacap Rasakan Adanya Banyak Perbaikan

Tim KKN UMY bersama pemilik Zamira Butik
Tim KKN UMY bersama pemilik Zamira Butik

JURNAL ONLINE, CILACAP.INFO – Kelompok 029 Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMY melakukan berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM di Cilacap. Alien Akmalia, M.Sc dari Prodi Manajemen FEB UMY bertindak sebagai dosen pembimbing lapangan bagi kelompok ini. Beberapa pelatihan dilakukan bagi UMKM di wilayah cilacap dan ada satu UMKM yang secara intens di dampingi, yaitu Zamira Butik yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kebonmanis, Sabukjanur, Cilacap Utara, Cilacap.

Yoga Nagara D. R, ketua tim KKN 029 UMY dan anggota tim yang lain memiliki tekad yang kuat untuk memajukan UMKM di wilayah Cilacap. ‘Tujuan dari KKN ini adalah untuk memberdayakan UMKM yang berada di Cilacap dalam menghadapi new normal,” jelas Yoga pada Sabtu (29/08/2020). Yoga, menambahkan bahwa KKN yang telah berlangsung selama 4 minggu bersama Zamira Butik telah berhasil menyelesaikan program-program kerja sesuai yang telah direncanakan.

‘KKN kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena berlangsung saat pandemi. Sebagai bentuk kepedulian dari KKN UMY, kami fokus pada UMKM yang tengah berjuang untuk tetap bisa survive di masa pandemi. Salah satunya dengan membantu mereka untuk “Go Digital”, jelas Alien Sabtu, (29/08/2020).

Pemilik Zamira Butik menyambut gembira dengan kehadiran mahasiswa KKN UMY. “Rasanya baru kemarin mahasiswa KKN UMY datang kesini, sekarang tidak terasa sudah selesai saja. Kami merasa awalnya hanya bergerak sendiri, tetapi saya merasakan sekali adanya perbaikan-perbaikan di Zamira Butik setelah adanya mahasiswa KKN UMY”, jelas Erna Juliana selaku owner Zamira Butik yang sekaligus sebagai ketua UMKM di wilayah Cilacap saat sambutan acara Penarikan KKN, Sabtu, 29/08/2020. (*)

Alien Akmalia, Dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait