Inspirasi Berkarya

Bisa dicoba, Usaha Dari Longyam Ayam di Wanareja ini ternyata Menguntungkan

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Longyam nama usaha dari gabungan ikan dan ayam, Longyam bisa diartikan Balong (red! Kolam) dan Ayam.

Usaha satu ini kerap dijumpai seperti didaerah pegunungan, dimana sistem kandang ayam broiler atau jantan dan petelur berada tepat di atas kolam ikan.

Namun kolam-kolam ikan tersebut sangat cocok diarea pegunungan yang memang sumber mata airnya bagus. Sehingga kolam akan terus teraliri air dan airnya tak hitam karena kotoran ayam dan berbau.

Di Ciamis misalnya yang merupakan daerah yang memiliki banyak pengusaha PS (Poultry Shop) ayam. Para peternaknya seperti di daerah rancah, baregbeg menggunakan sistem longyam.

Gabungan usaha ini juga terdapat di Dayeuhluhur seperti daerah bolang dan juga di Kecamatan Wanareja. Seperti di wanareja sendiri usaha ini banyak ditemukan di dataran tinggi seperti limbangan, sogati, palugon dan juga madusari.

Dari usaha sistem longyam ini, para penggelut usaha tersebut bisa untung dobel yakni dari ikan dan juga ayam.

Biasanya ikan-ikan yang ditabur di kolam sistem longyam ini berjenis lele, pasalnya lele tahan akan kotoran ayam.

Selain itu lele-lele pada sistem longyam ini akan cepat tumbuh besar dan gemuk-gemuk.

Kotoran ayam yang merupakan hasil dari produksi makanan dari pur ayam itu bisa menghemat biaya pakan ikan seperti membeli pelet.

Selain itu jika longyam berjenis jantan dan broiler yang pasti ada yang mati, ayam-ayam yang mati tersebut bisa langsung dibuang untuk ikan.

Panen Double Usia Perkiraan

Panen double yakni panen ayam dan juga ikan bisa diperhitungkan, misalnya jika longyam ayam Broiler, usia panen ayam apabila bersistem maklon atau kemitraan yakni 35 – 40 hari. Sedangkan jenis jantan bisa di atas 47 hari.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait