Inspirasi Berkarya

Awas Telur Infertil Beredar di Pasar Ketahui Cirinya

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Saat ini tengah heboh maraknya telur infertil (hatched egg) yang dijual di pasar-pasar. Seperti di Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) yang saat ini tengah ramai dan Bahkan viral di media sosial.

Diketahui, Tasikmalaya, Ciamis merupakan penghasil ayam pedaging dan petelur yang diakui secara nasional Bahkan pernah menyabet penghargaan dalam hal ini.

Berbagai perusahaan peternakan mulai dari pembibitan dan Poultry Shop (PS) juga banyak terdapat di dua kota tersebut. Tak ayal jika banyak peternak yang bermitra dengan PS yang ada di Ciamis dan Tasikmalaya, seperti para peternak yang ada diwilayah Cilacap Jateng.

Adapun Pembibitan ayam-ayam ras pedaging yakni ayam Jantan, Broiler, dan juga Petelur yang mana telurnya ditetaskan oleh suatu perusahaan peternakan. Dan kemudian jika sudah menetas, maka DOC (Day Old Chicken) tersebut bisa dijual dengan menggunakan box.

Melihat jenis ayam petelur jika dilihat dari bulu, warnanya terlihat merah, namun ayam ini juga bisa menetaskan ayam jenis pejantan yang mana warna bulunya putih.

Namun ada yang bebeda dari telur ayam yang memang ayam tersebut khusus untuk memproduksi telur yang kemudian dipasarkan dengan telur Infertil.

Untuk telur infertil ini yang saat ini tengah ramai dan dikatakan berbahaya, pasalnya telur tersebut merupakan telur yang akan ditetaskan menjadi Doc. Namun telur tersebut gagal dan tidak menjadi anak ayam.

Telur infertil ini juga tidak bertahan lama dan akan mudah busuk. Itu sebabnya telur ini tidak layak untuk di konsumsi oleh masyarakat.

Bahkan hal itu tertuang dalam Permentan Nomor 32 / Permentan / PK.230 / tahun 2017. Dimana pemerintah melarang peredaran telur infertal (HE).

Ciri-ciri dan perbedaan yang terdapat pada telur ini yakni bisa dilihat melalui warna dan juga bentuknya.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait