Inspirasi Berkarya

Peran Mahasiswa Dalam Aktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Peran Mahasiswa Dalam Aktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi
Peran Mahasiswa Dalam Aktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

CILACAP, JURNAL ONLINE – Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan jenjang terakhir dari pendidikan formal, mengemban peran yang sangat penting dalam ketatanegaraan suatu bangsa. Mahasiswa tidak lagi hanya terfokus pada pendidikannya saja, tetapi bagaimana mereka mengembangkan ilmunya juga sangat diperhitungkan di perguruan tinggi.

Tanggung jawab yang dipikul oleh mahasiswa tertuang dalam tri dharma perguruan tinggi. Karena mahasiswa memiliki posisi penting sebagai pejuang terdepan dalam perubahan bangsa Indonesia. Tidak sedikit mahasiswa yang tidak mengerti tentang apa sesungguhnya tanggung jawab mereka sebagai mahasiswa.

Tri dharma perguruan tinggi mencakup 3 hal penting yang harus dikembangkan oleh para mahasiswa. Yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Ketiga hal ini saling berkaitan satu sama lain sehingga harus diterapkan secara bersama. Masing – masing juga memiliki tugas, pokok dan fungsinya yang sama dan saling menunjang sehigga tidak bisa dipisahkan dalam pelaksanaannya.

Peran mahasiswa dalam aktualisasi tri dharma perguruan tinggi sangat di perlukan. Karena mahasiswa diharapkan untuk menjadi mahasiswa yang lebih termotivasi dan sadar bahwa betapa pentingnya peranan kita sebagai mahasiswa untuk mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 yaitu “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”. Ayok! Menjadi mahasiswa yang lebih bijak dalam berfikir dan bergerak.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait