JURNAL: Produk MLM Dijual Murah Benarkah Palsu

by
Indonesia

JURNAL ONLINE – Sudah sekian banyak perusahaan Multi Level Marketing (MLM) / Network Marketing / Direct Selling yang mengklaim bahwa produk yang ada di Toko atau Apotik yang dijual murah adalah produk palsu.

Benarkah demikian adanya, jangan-jangan hanya klaim sepihak dari perusahaan MLM. Pasalnya berdasarkan fakta di lapangan bahwa produk yang dijalankan dengan sistem jaringan berjenjang dan dijual murah merupakan produk asli yang berasal dari member bisnis MLM.

Alasan logis produk MLM dijual murah yakni karena produk yang berasal dari bonus atau belanja ulang cukup banyak dan menumpuk sehingga dijual oleh member yang bersangkutan.

Produk murah di bawah harga standar dari perusahaan MLM ini tidak hanya terjadi pada bisnis MLM dengan sistem matahari melainkan juga dalam sistem binary (2 kaki).

Malah dalam sistem binari, penjualan produk murah biasanya disengaja oleh member MLM sebagai bentuk dari main sistem.

Tak masalah produk dijual murah bagi pemain MLM binari meskipun jaringannya pincang sebelah pasalnya dengan main sistem disinyalir tak akan merugi, sebab telah dihitung bonus sponsor, bonus jaringan ke dalaman level dan reward.

Kalau demikian adanya, jelas keliru mengklaim bahwa produk yang dijual secara konvensional harganya murah adalah produk palsu daripada memblokir membernya yang terindikasi bermain sistem.

Komentar