Inspirasi Berkarya

Hujatan Peserta Kongres Umat Islam Indonesia

cilacap info featured
cilacap info featured

BABEL, CILACAP.INFO – Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-VII di Pangkal Pinang Bangka Belitung, 26-27/2/2020 telah rampung. Kegiatan besar tersebut dihadiri oleh sekitar 800 peserta undangan dari seluruh Indonesia yang terdiri dari berbagai kalangan seperti ulama, perwakilan ormas Islam, Kanwil Kementerian Agama, perguruan tinggi, dan lain-lain, saya hadir diundang sebagai nara sumber dari PBNU, mewakili Ketua Umum PBNU, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, MA. yang berhalangan hadir karena pada hari itu, 27/2/2020, di PBNU beliau menerima tamu kehormatan Sekretaris Jenderal OIC, Prof. Dr. Abdul Karim al-Issa.

KUII ke-VII mengambil tema ‘Strategi Perjuangan Umat Islam untuk Mewujudkan NKRI yang Maju, Adil, dan Beradan,” sebuah tema yang menurut saya sangat bagus, ideal, dan amatlah penting untuk didiskusikan rinciannya dan sangat perlu perjuangan gigih dan konsisten untuk mewujudkannya di alam nyata yang berbanding terbalik darinya.

Oleh sebab itu, saya mempresentasikan makalah berjudul “Mewujudkan Nasionalisme Melalui Sikap Moderat dan Toleran dalam Beragama.” Makalah singkat tersebut sengaja saya sampaikan mengingat semakin menyatanya realitas keberagamaan kita yang kerap diwarnai dan semakin didominasi oleh politik identitas, sehingga intoleransi merebak bagai tumbuhnya jamur dimusim penghujan.

Intoleransi sungguh terjadibukan saja antara umat seagama, tetapi juga terhadap mereka yang berbeda agama. Demikian halnya, Bahkan intoleransi itu telah mendorong segelintir umat Islam–terutama–bersikap radikal, tidak bersikap moderat dalam beragama, apalagi untuk mau dan mampu mewujudkan nasionalisme, memiliki rasa cinta terhadap tanah airnya.

Tanpa sikap moderat dan toleransi atas perbedaan identitas amatlah sulit mewujudkan Persatuan Indonesia, mustahil untuk bermusyawah mufakat, lebih-lebih lagi untuk meraih keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Rasanya masih jauh panggang dari api.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait