Inspirasi Berkarya

Pemkab Cilacap Berikan 6 Puskesmas Ambulance Khusus Covid-19

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) serahkan ambulance khusus Covid-19 ke 6 puskesmas di Cilacap.

Adapun penyerahan Ambulance tersebut diserahkan kepada masing-masing perwakilan puskesmas di Pendopo Wijayakusuma Cakti. Dalam hal ini Bupati Cilacap, Haji Tatto Suwarto Pamuji menyerahkan secara simbolis.

Diantara ke-6 puskesmas yang menerima Ambulance Khusus Covid-19 itu yakni di antaranya : Puskesmas Adipala I, Cilacap Tengah I, Cimanggu II, Nusawungu I, Patimuan I dan Sidareja.

Sekretaris Daerah (Sekda) Cilacap, Farid Ma’ruf menjelaskan, bahwa ambulance yang diserahkan itu bertujuan untuk memperlancar penanganan covid di masing-masing wilayah tersebut.

“Fasilitas Ambulance ini sebagai layanan kesehatan dan untuk membantu puskesmas-puskesmas dalam menangani pasien Covid-19. Namun demikian, setelah pandemi ini berakhir, ambulance tersebut dapat dipakai dan digunakan.” Katanya, Kemarin (29/4).

Ia berharap, dengan bantuan yang diberikan tersebut ke Puskesmas-puskesmas di Cilacap, yakni dapat memperlancar penangan covid-19.

“Mudah-mudahan dengan adanya ambulance untuk Puskesmas ini bisa memperlancar penanganan covid dimasing-masing layanan kesehatan.” Ungkapnya.

Menurut keterangannya, bahwa Pengadaan ambulance tersebut yakni dari dana APBD Kabupaten Cilacap. “Mudah-mudahan Dinas Kesehatan bisa menggunakan dengan baik, dan bisa dirawat dengan baik. Sehingga nanti, kalau corona sudah hilang ambulance tersebut bisa digunakan untuk layanan biasa.” Kata Farid seperti yang dimuat laman Humas Cilacap.

Sedangkan, Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Dr. Pramesti Griana Dewi mengatakan. Adapun perlengkapan khusus yang ada pada ambulance tersebut tentunya ada yang membedakan dari ambulance biasa.

“Ambulance-ambulance ini telah dilengkapi dengan beberapa kelengkapan yang diperlukan dan dibutuhkan untuk mengangkut pasien Covid. Baik itu untuk penjemputan maupun pengangkutan.” Terangnya.

Pramesti juga menjelaskan terkait perbedaan yang ada pada ambulance khusus tersebut. Yakni pada bagian brankarnya sudah dilengkapi dengan plastik penutup pasien.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait