Inspirasi Berkarya

Fakta Unik Kambing Gunung Amerika

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Kambing di jawa disebut Embe, Wedus, dan jenisnya pun macam-macam, ada kambing garut, gembel, Bahkan terbaru ada yang namanya etawa yang bisa menghasilkan susu.

Berbicara mengenai kambing, ternyata ada jenis hewan pemakan rumput yang hobinya panjat-panjatan, tapi bukan pansos ya, sebab hewan ini sukanya panjat tebing. Nama latinyya Oreamnos Americanus. Jika melihat ada kata amerikanya, sepertinya kambing satu ini memang ada di dataran Amerika sana.

Nama inggrisnya pun cukup keren, yakni Rocky Mountain Goat karena hidupnya di pegunungan Rocky. Di indonesia sepertinya tidak ada, meski demikian namanya disebutkan “Kambing Gunung”. Walah bukannya di gunung banyak yang pelihara kambing yah, tapi ini lain dan unik,
.

Berikut ini faktanya mengenai si Rocky Goats ini:

1. Kambing tapi bukan Bukan Kambing

Dijumpai dibeberapa laman, salah satunya di wikipedia.org, bahwa hewan satu ini meski dari segi bulu dan bentuk fisiknya seperti kambing, namun bukan kambing. Si Rocky Goats ini rupanya masih sejenis dengan menjangan alias kijang juga rusa.

2. Bulunya Putih dan Tebal

Punya bulu tebal dan warnanya putih, kalau melihat kartun Shaun Sheep juga demikian. Namun faktanya ada yang unik kenapa bulunya tebal dan putih bersih.

Usut punya usut, ternyata si Rocky Goats hidupnya di wilayah bersalju. Sehingga ketebalan bulunya itu seperti halnya jaket yang bisa menghangatkan tubuh.

Selain daripada itu, warna bulu yang putih ini juga sebagai pelindung diri si Rocky Goats dari ancaman hewan buas. Pasalnya warna bulunya yang putih itu seperti halnya warna salju, sehingga bisa untuk berkamuflase.

3. Kuku yang Panjang dan Kuat

Semua kambing kayanya sih punya kuku, namun si Rocky Mountain Goats ini beda dengan Kambing kebanyakan. Sebab dengan kukunya yang panjang itu, membuat hewan satu ini bisa panjat tebing berbatu guna mencengkram kuat bebebatuan. Meskipun yang dinaikinya itu bisa dikatakkan tebing yang kemiringannya hampir tegak lurus.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait