MIDAGAMA Melakukan Pembelajaran Virtual Metode Flipped Learning

oleh

CILACAP.INFO – Siswa Lock down, Madrasah Ibtidaiyah Glempang Maos (MIDAGAMA) melakukan pembelajaran Virtual Metode Flipped Learning.

Hal tersebut berdasarkan instruksi dari Kementerian Agama (kemenag) kabupaten Cilacap dan instruksi dari dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten cilacap.

Dalam surat yang tertuang itu, bahwa selama 14 hari kedepan dimulai tanggal 16 Maret 2020-28 Maret 2020 seluruh siswa/i midagama melakukan pembelajaran di rumah masing-masing.

Kepala MIDAGAMA, Nisfatul Azizah mengatakan, bahwa hal itu sebagai langkah unk menghentikan penyebaran virus Corona covid 19.

“Untuk proses belajar mengajar MIDGAMA tetap melakukan pembelajaran yakni dengan sistem daring. Dalam pembelajaran ini, midagama melakukan pembelajaran dengan pembelajaran virtual, yaitu metode flipped learning.” Ucap Nisfatul Azizah, Selasa (17/3).

Masih diterangkan oleh Kepala MIDGAMA, kegiatan sudah di awali pada hari Senin pagi, 16 Maret2020 oleh dewan asatidz. “Jadi, kegiatan belajar mengajar dilakakun IHT (in house training) dengan pembelajaran menggunakan Google Docs.” Imbuhnya

Dalam praktiknya, kegiatan itu dipandu kepala TU Midagama yaitu pak Saeful M Riyadi sebagai tutor dan dipraktekkan oleh dewan asatidz dengan tiap hari mengirimkan aplikasi di grup walimurid masing-masing sesuai dengan tema dan pembelajaran pada hari itu.

“Diharapkan dengan proses pembelajaran virtual metode flipped learning ini, guru dapat memantau proses pembelajaran siswa, karena dalam aplikasi google docs siswa dengan didampingi oleh Orang Tua mengerjakan evaluasi yang hasilnya digunakan utuk penilaian siswa.” Ungkap Nisfatul Azizah. (*)