Tak Hanya Vtube, Compass, IGLike, TikTok Cash Tawarkan Penghasilan, Awas ilegal dan penipuan

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Tidak hanya Vtube, aplikasi penghasil uang serupa terus bermunculan seperti IGLike, TikTok Cash dan Compass.

Rata-rata aplikasi atau website tersebut diragukan, pasalnya tidak jelas alamatnya dan tidak ada nomer telepon tersedia. Adapun hanya berani memunculkan alamat email.

Aplikasi ini jelas nyata terdapat unsur dengan skema Ponzi atau Money Game yang mana juga menggunakan metode jaringan atau sponsorship.

Berdalih nonton iklan dan mengklaim sebagai platform advertising masa kini, aplikasi seperti ini menyita banyak perhatian banyak orang.

Parahnya bukan hanya orang awam yang gaptek akan teknologi, akan tetapi tak sedikit tenaga pendidik, mahasiswa, pelajar mendaftarkan diri.

Berdasarkan pantauan, daftarnya memang bisa gratis namun jika ingin penghasilan lebih maka harus upgrade dengan cara membayar agar naik level atau peringkat.

Berdasarkan keterangan dari Otoritas Jasa Keuanga (OJK), terdapat 6 ciri-ciri investasi bodong atau ilegal, adapun sebagai berikut:

1. Menjanjikan keuntungan tidak wajar dalam waktu cepat.

2. Menjanjikan bonus dari perekrutan anggota baru.

3. Memanfaatkan tokoh masyarakat/tokoh agama.

4. Janji aset aman dan jaminan pembelian kembali.

5. Klaim tanpa risiko (free risk).

6. Legalitas tidak jelas.

Member Get member

Selain meresahkan juga bisa menjadi lahan penipuan dimana orang dijanjikan penghasilan dan kaya mendadak.

Tak hanya itu, bahkan juga terdapat Leader yang memang berniat untuk mengembangkan jaringan.

Orang awam yang tidak mengerti apa-apa terkadang terkecoh dan kemudian mengeluarkan uang, bahkan berani dengan nominal yang fantastis.

Biasanya orang dijanjikan berpenghasilan tanpa dijelaskan harus mencari member baru atau diwajibkan untuk menonton iklan.

Oleh sebab itu hati-hati dan selalu waspada.

Komentar