Inspirasi Berkarya

PERBEDAAN KINERJA PADA GURU TETAP DAN GURU TIDAK TETAP DI KABUPATEN CILACAP

ilustrasi guru
ilustrasi guru (foto: pixabay)

Sehingga yang dimaksud dengan kinerja guru merupakan kemampuan yang ditunjukkan oleh guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskan apabila tujuan yang dicapai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Banyak pendapat mengatakan bahwa salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja antara lain adalah tingkat penghasilan dan gaji. Beberapa permasalahan yang tengah dihadapi guru saat ini terkait dengan masalah kesenjangan, salah satunya disebutkan permasalahan mengenai kesenjangan antara guru pegawai tetap dan guru pegawai tidak tetap atau honorer yang tidak seimbang dengan tuntutan kerja.

Guru Tetap Pegawai Negeri Sipil adalah guru tetap yang diangkat sebagai PNS oleh pemerintah atau pemerintah daerah berdasarkan pada peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan guru tidak tetap merupakan pengajar dan tenaga pendidik yang bekerja di instansi pemerintah yang dibayar oleh sekolah dengan menghitung jumlah jam mengajarnya.

Pada prinsipnya guru memiliki potensi yang cukup tinggi untuk berkreasi guna meningkatkan kinerjanya. Hanya saja potensi yang dimiliki guru untuk berkreasi sebagai upaya meningkatkan kinerjanya tidak selalu berkembang secara wajar dan lancar disebabkan adanya pengaruh dari berbagai faktor baik yang muncul dalam pribadi guru itu sendiri maupun yang terdapat diluar pribadi guru.

Guru tetap (PNS) dengan guru tidak tetap memiliki kesamaan kewajiban mengajar selama 24 jam dalam seminggu namun tingkat penghasilan mereka sangat dibedakan. Tingkat kesejahteraan guru memang kurang mendapat perhatian dengan posisinya yang semakin marjinal dan masih sering terjadi kontraversi.

Ada salah seorang guru tidak tetap mengatakan, bahwa diangkat menjadi PNS bukanlah segala-segalanya. Namun, status PNS adalah segala-galanya bagi guru bantu untuk semakin profesional.

Demikian pula, bahwa gaji yang 5 diterima oleh guru juga dirasakan tidak sebanding dengan tanggung jawab yang mereka emban.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait