Inspirasi Berkarya

Mengkaji Batas Usia Nikah 21 Tahun

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Pernikahan dalam Islam adalah sesuatu yang luhur dan sakral, bermakna ibadah kepada Allah, mengikuti sunah Rasululllah dan dilaksanakan atas dasar keikhlasan, tanggung jawab, dan mengikuti ketentuan ketentuan hukum yang harus diindahkan.

Dalam Undang undang No ! tahun 1974 tentang perkawinan bab 1 pasal 1 perkawinan ialah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga ( rumah tangga ) yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan yang maha esa.

Sesuai dengan rumusan itu pernikahan tidak cukup dengan ikatan lahir saja atau batin saja tetapi harus kedua duanya. Dengan adanya ikatan lahir batin inilah perkawinan merupakan suatu perbuatan hukum positiv didamping perbuatan keagamaan.

Sebagai perbuatan hukum positiv karena perbuatan itu menimbulkan akibat akibat hukum baik berupa hak atau kewajiban bagi keduanya dan anak yang akan lahir. Sedangkan sebagai akibat perbuatan keagamaan karena dalam pelaksanaannya selalu dikaitkan dengan ajaran ajaran dari masing masing agama dan kepercayaan yang sejak dulu sudah memberi aturan aturan bagaimana perkawinan itu harus dilaksanakan.

Dari segi agama islam, syarat sah pernikahan penting sekali terutama untuk menentukan sejak kapan sepasang pria dan wanita itu dihalalkan melakukan hubungan seksual sehingga terbebas dari perzinaan. Zina merupakan perbuatan yang sangat kotor dan dapat merusak kehidupan manusia.

Dalam agama islam, zina adalah perbuatan dosa besar yang bukan saja menjadi urusan pribadi yang bersangkutan dengan Tuhan, tetapi termasuk pelanggaran hukum formal dan wajib memberi sanksi sanksi terhadap pelakunya.

Tujuan Utama Pernikahan

Sudah menjadi kodrat manusia diberi nafsu birahi. Nabi Adam AS. yang mendapatkan fasilitas hidup serba lengkap ternyata tetap merasa kurang bila birahinya tak tersalurkan. Hingga akhirnya beliau disandingkan oleh Allah dengan sang putri tercinta sebagai istri beliau, bernama sayyidah Hawa.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait