DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI ANAK SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

by
Indonesia

Perkembangan teknologi pada era sekarang ini banyak mengalami kemajuan. Perkembangan tersebut ditandai dengan munculnya suatu barang yang disebut gadget, sehingga memudahkan kegiatan manusia misalnya dapat mencari informasi dengan cepat.

Menurut (Syahudin, 2019) gadget adalah suatu benda elektronik yang digunakan sebagai komunikasi oleh manusia seperti handphone, komputer dan lainnya. Pada awalnya penggunaan gadget hanya digunakan orang dewasa, akan tetapi dijaman modern ini gadget banyak juga digunakan pada anak-anak.

Penggunaan gadget untuk anak usia Sekolah Dasar (SD) tersebut bisa berdampak positif maupun negatif, yaitu anak dapat mencari materi pembelajaran dengan mudah dan dapat berkomunikasi jarak jauh.

Selain itu bisa berdampak negatif, yakni anak lebih sering memainkan gadget daripada bermain dan berinteraksi dengan teman sekitar. Hal ini bisa menyebabkan anak menjadi seorang individualis, sehingga orang tua harus mengawasi anak saat bermain gadget.

Pada saat ini dunia mengalami musibah dengan munculnya virus corona yang sangat menakutkan. Banyak orang yang terdampak virus ini baik dalam hal ekonomi, sosial dan juga pendidikan.

Dalam bidang pendidikan juga terdampak yaitu banyak Sekolah Dasar meliburkan semua muridnya untuk mencegah Covid-19 semakin meluas maka pembelajaran yang awalnya tatap muka tetapi sekarang ini memakai pembelajaran online menggunakan gadget.

ilustrasi anak kecanduan gadget

ilustrasi anak kecanduan gadget

Gadget berpengaruh terhadap anak Sekolah Dasar seperti anak tidak saling berbicara saat berkumpul bersama, sehingga menghilangkan kebiasaan yang telah ada. Banyak anak usia sekolah dasar yang memakai gadget dengan durasi lebih dari 2 jam sehari dan mengalami perubahan sikap dan perkembangan moral.

Untuk perubahan sikap adalah anak yang mudah marah, suka membantah orang tua, pengaruhnya ke perkembangan moral anak menjadi malas melakukan aktivitas sehari-hari, dan waktu belajar yang berkurang penyebabnya terlalu sering menonton youtube.

Komentar